Minggu, 26 Februari 2017

Fitur Lockscreen Rahasia pada Smartphone


Lockscreen atau pengamanan adalah sistem pengamanan yang terpasang pada semua perangkat Android. Lockscreen ini bisa dibuka dengan menggunakan dengan cara biasa yaitu, menggunakan PIN, Pattern, atau untuk smartphone biasanya yang kelas flagship sudah menggunakan fingerprint. Ada cara unik yang jarang digunakan untuk membuka lockscreen di hp Android. Berikut cara tersebut.


Membuka Kunci Layar Smartphone dengan Gerakan Tubuh
Cara unik pertama ini sepertinya masih banyak yang tidak mengetahui dan memanfaatkannya. Padahal, pengaturan pada hp Android tersebut sudah tersedia. Pada fitur ini pendeteksi tubuh untuk membuka layar hp Android yang terkunci ini sangatlah membantu jika memang tidak ingin repot-repot lagi membuka kunci layar smartphone dengan menggesek patern atau memasukkan PIN/Password yang kadang terlupakan atau tidak ingat.
 
Untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut, maka cukup membuka menu Settings > Security > Smart Lock, kemudian silahkan pilih pada opsi On-body detection lalu diaktifkan. Akan tetapi pada fitur ini ada kelemahan yang pastinya membuat hp Android mudah untuk dibuka orang lain. Jadi, walaupun simpel dan tidak ribet lagi, keamanan pada smartphone bisa saja terganggun. Untuk itu, Pattern, PIN, fingerprint, atau password tetap yang terbaik.
 

Membuka Kunci Layar Smartphone dengan Lokasi
Cara yang kedua ini pasti lebih unik lagi, dan mungkin saja beberapa dari jarang mendengarkannya. Cara membuka kunci layar pada hp Android ini memanfaatkan titik lokasi keberadaan pemiliknya. Jadi, bisa mengatur hp Android tersebut baru bisa terbuka kalau sudah berada pada titik lokasi yang telah tentukan seperti, rumah, kantor atau ang lainnya.
 
Untuk mengaktifkan fitur tersebut silahkan membuka menu Settings, lalu menuju ke Security > Smart Lock > Trusted places. Didalam menu ini silahkan tambahkan titik lokasi sesuai keinginan. Titik lokasi tersebut bisa dimasukkan lebih dari satu.
 
Titik jangakauan dari lokasi tersebut adalah sekitar 80 meter. Jadi, saat sudah berada dalam radius 80 meter dari lokasi yang tentukan, maka kunci layar hp Android sudah terbuka. Cara ini tentunya akan sangat membantu untuk tidak repot-repot lagi membuka dan mengunci smartphone pada lokasi tertentu, sehingga tetap aman saat jika tidak berada di lingkungan yang tidak diketahui.
 

Membuka Kunci Layar Smartphone dengan e-KTP
Cara unik berikutnya ini terbilang masih baru, jadi mungkin banyak yang belum mengetahui, yaitu dengan memanfaatkan e-KTP. Menggunakan e-KTP sendiri untuk membuka kunci dari hp Android tentunya adalah cara yang paling aman untuk digunakan. E-KTP ini dimiliki hanya setiap orang saja, yang tidak akan sama dengan yang lainnya.
 
Untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut, maka bisa membuka menu Settings. Di dalam menu Settings tersebut masuk lagi pada menu Security, lalu ke Smart Lock. Setelah berada didalam menu Smart Lock, silahkan pilih pilih pada opsi Trusted devices, lalu tambahkanlah perangkat disana yang dapat dipercaya.
 

Membuka Kunci Layar pada Smartphone dengan Suara
Cara yang selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuka kunci pada hp Android ini adalah dengan suara. Menggunakan fitur pengenalan suara untuk membuka lock screen tentunya adalah teknologi terbaru yang terpasang pada smartphone Android. Pada fitur ini memanfaatkan Google Now, maka dari itu harus mengaktifkan fitur tersebut.
 
Jika fitur tersebut sudah aktif, untuk memasukkan suara ke dalam smartphone untuk dikenali sebagai pembuka lockscreen, maka silahkan membuka pada menu Settings > Smart Lock > Trusted Device. Setelah itu cukup memilih opsi pada pengaturan suara. Kata yang akan gunakan untuk membuka lockscreen tersebut adalah misalnya “OK Google”.
 

Membuka Kunci Layar Smartphone dengan Scan Wajah
Untuk cara selanjutnya ini menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang bernama IObit Applock. Aplikasi ini bisa download pada halaman Google Play Store melalui hp Android langsung. Hebatnya lagi, aplikiasi IObit Applock ini tidak untuk mengunci dan membuka layar smartphone dengan wajah saja, melainkan aplikasi IObit Applock ini bisa membantu untuk menjaga kerahasiaan aplikasi yang ada pada perangkat Android.
 

Membuka Kunci Layar Smartphone dengan Gerakan Tangan
Cara unik selanjutnya adalah menggunakan gerakan tangan. Akan tetapi, untuk bisa memanfaatkan cara ini maka juga harus menginstall aplikasi pihak ketiga yang bernama GestureLock. Aplikasi ini bisa membantu untuk membuka smartphone hanya dengan gerakan tangan saja. Bisa mendapatkan aplikasi GestureLock ini melalui halaman Google Play Store secara langsung.
 

Menghidupkan Kunci Layar Smartphone dengan Goyangan (Shake)
Cara unik berikutnya ini cukup menarik karena cukup dengan menggoyangkan (Shake) smartphone Android, maka lockscreen di hp Android akan terbuka. Cara membuka lockscreen pada hp Android yang tidak biasa tentunya akan membuat smartphone menjadi lebih menarik dan menjadi unik dibanding hp Android yang lainnya. Cara ini juga membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang harus menginstal pada perangkat hp Android.
Load disqus comments

0 komentar