Jumat, 28 Juli 2017

Mendaki Gunung dengan Aman

Travelling

Travelling merupakan sebuah hobi yang disukai oleh penjelajah alam dan pendaki gunung. Menikmati keindahan yang terjadi pada puncak gunung sangat bagus. Gunung merupakan tempat sejuta pesona, yang mana bisa menyihir setiap pendaki yang menjelajahinya. Gunung ini juga sebuah alam yang begitu terbuka dan memiliki alam yang liar bahkan menyimpan marabahaya. Mendaki gunung harus mempersiapkan segala macam keperluan untuk selama perjalanan. Ini dipersiapkan agar perjalanan tidak terhambat dan perjalanan lancar sesuai rencana. Memperhatikan kompas, peta, dan navigasi sangat penting guna menghindari adanya tersesat dalam pendakian. 

Mendaki gunung dengan aman impian semua orang pendaki, namun dalam perjalanan bukan tidak mungkin akan mengalami hambatan dari jalanan yang terjal bahkan batu-batu tajam yang dilalui serta trek berat. Menghindari adanya cedera pada kaki menggunakan sepatu gunung, yaitu sepatu hiking memberikan rasa nyaman dan aman selama perjalanan melewati jalan tersebut. Bahkan tidak membuat kaki tidak cepat lelah. Persiapan lainnya untuk mendaki supaya aman, diantaranya :

  1. Memiliki persiapan, mendaki harus dengan matang-matang agar terciptanya rasa aman saat mendaki dan memiliki persiapan tersendiri dari segi fisik, makanan, alat-alat, dan juga obat-obatan.
  2. Perlengkapan navigasi, minimal untuk para pendaki bagaimana cara membaca peta bahkan kompas guna menghindari tersesat selama perjalanan ke puncak. Hindari mendaki gunung dengan sendirian karena itu akan sangat berbahaya. Apabila masih pemula maka perlu pendampingan dari orang yang sudah berpengalaman dalam travelling.
  3. Jaga kondisi, mempersiapkan kondisi fisik yang paling utama dimana jika kondisi tidak fit akan berisiko mengalami penurunan daya tahan tubuh. Sebab cuaca dipuncak gunung tidak bisa ditebak bahkan suasananya yang dingin akan mempengaruhi kondisi tubuh.
  4. Membawa peralatan sesuai, dalam perjalanan pendakian ke gunung tentu membutuhkan alat-alat yang akan digunakan selama perjalanan. Kondisi jalan yang tidak sesuai harapan dengan membawa alat-alat perlengkapan pendakian diharapkan bisa berguna dan dipakai selama pendakian. Tentu menggunakan tas yang bisa muatan yang banyak. Tas Carrier sangat cocok digunakan saat travelling.
  5. Ukur kemampuan sendiri, jangan mengambil risiko apabila sudah mengalami kelelahan maka beristirahatlah. Dan apabila tidak sanggup lagi untuk melakukan pendakian maka balik arah saja kembali agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.


Itulah beberapa tips untuk mendaki dengan aman dan nyaman. Ingat, jangan sesekali memaksakan kondisi saat tidak benar-benar sehat untuk travelling. Apalagi jangan memaksakan juga kehendak untuk melanjutkan perjalanan apabila sudah tidak sanggup lagi. Bisa dengan istirahat dulu baru lanjutkan perjalanan atau balik arah untuk kembali. Sebab apabila sampai memaksakan yang tidak sesuai dengan kondisi kemampuan akan berakibat batal nantinya. 
Load disqus comments

0 komentar